Monday, 6 May 2013

Penekanan Push Button di Port 3 Untuk Mengendalikan LED di Port 0

LAPORAN PRAKTEK 2 Penekanan Push Button di Port 3 Untuk Mengendalikan LED di Port 0=>OLEH RABINDREAS

LAPORAN PRAKTEK 2 Penekanan Push Button di Port 3 Untuk Mengendalikan LED di Port 0


Dikerjakan Oleh: Rabindreas ,NIS :8894 ,Kelas :XI TOI
  1. Tujuan:
    A.Setelah siswa praktek diharapkan dapat :
    • Melakukan pemrograman mikrokontroler dengan bahasa Basic (Bascom)
    • Membuat rangkaian pengendali Penekanan Push Button di Port 3 Untuk Mengendalikan LED di Port 0
    • Menguji coba rangkaian dengan benar

  2. Alat & Bahan :
    A.Alat :
    • Komputer dengan simulator Proteus
    • Gambar rencana kerja
    • Rencana program

    B.Bahan :
    • IC AT89s51
    • LED
    • Resistor 10K
    • Resistor 100 Ω
    • Kondensator 33p
    • Crystal

  3. Keselamatan Kerja
    • Berdo'a sebelum melakukan praktik
    • Tidak boleh bersendau gurau saat pelaksanaan praktik
    • Menghidupkan & mematikan komputer dengan prosuder yang benar

  4. Instruksi Kerja
    • Memastikan alat & bahan siap digunakan
    • Memastikan telah memahami gambar kerja & source code program
    • Menulis source program dengan Bascom 89s51
    • Membuat rangkaian simulator rangkaian dengan Proteus
    • Membuat complier kode program untuk mendapatkan file #HEX
    • Melakukan uji coba rangkaian simulator

  5. Gambar



  6. Source Code
    $regfile = "reg51.dat"
        $crystal = 12000000
    
        Do
    
        If P3.0 = 0 And P0.0 = 1 Then
        P0.0 = 0
    
        Waitms 250
        End If
    
    
    
        If P3.0 = 0 And P0.0 = 0 Then
        P0.0 = 1
        Waitms 250
        End If
    
    
    
        If P3.1 = 0 And P0.1 = 1 Then
        P0.1 = 0
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.1 = 0 And P0.1 = 0 Then
        P0.1 = 1
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.2 = 0 And P0.2 = 1 Then
        P0.2 = 0
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.2 = 0 And P0.2 = 0 Then
        P0.2 = 1
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.3 = 0 And P0.3 = 1 Then
        P0.3 = 0
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.3 = 0 And P0.3 = 0 Then
        P0.3 = 1
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.4 = 0 And P0.4 = 1 Then
        P0.4 = 0
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.4 = 0 And P0.4 = 0 Then
        P0.4 = 1
        Waitms 250
        End If
    
    
        If P3.5 = 0 And P0.5 = 1 Then
        P0.5 = 0
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.5 = 0 And P0.5 = 0 Then
        P0.5 = 1
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.6 = 0 And P0.6 = 1 Then
        P0.6 = 0
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.6 = 0 And P0.6 = 0 Then
        P0.6 = 1
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.7 = 0 And P0.7 = 1 Then
        P0.7 = 0
        Waitms 250
        End If
    
        If P3.7 = 0 And P0.7 = 0 Then
        P0.7 = 1
        Waitms 250
        End If
    
        Loop
    
    
    
  7. Kesimpulan

      Dalam membuat rangkaian maupun pemrograman mikrokontroler,harus benar-benar paham/mengerti
      teori yang di berikan oleh instruktur,setelah sudah memahaminya,mulai memraktekannya dengan kete-
      litian & kesabaran.

    Mengetahui

    INTRUKTUR
     
    NAMA SISWA
     
    ( Suparno,Spd. )
     
    ( Rabindreas ,P )

No comments:

Post a Comment